Media Promosi Pemasaran Online
Search Engine Marketing adalah aktivitas marketing menggunakan iklan berbayar yang muncul pada mesin pencari atau search engine seperti Google. Hasil pencarian terdiri dari dua bagian, yaitu organik dan iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian inilah yang disebut sebagai Search Engine Marketing (SEM). Hampir semua mesin pencari mempunyai fitur SEM, dari Google sampai Bing. Namun, yang paling sering digunakan adalah Google. Sebab Google menguasai pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan di awal, SEM adalah praktik mengiklankan website. Jadi untuk menggunakannya, Anda perlu mengeluarkan biaya. Kebanyakan mesin pencari menggunakan metode Pay Per Click (PPC). Tampilan SEM selalu muncul dengan tanda Iklan. Tanda ini untuk membedakannya dengan hasil pencarian organik. Mungkin Anda pernah melihat bentuk iklan Search Engine Marketing (SEM) seperti ini:
SEO adalah tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website Anda. Optimasi ini akan memungkinkan search engine atau mesin pencarian dalam menilai apakah website Anda layak untuk ditampilkan di posisi teratas hasil pencarian atau tidak.
Apa yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google merupakan page dari website yang telah teroptimasi (melalui SEO). Inilah pentingnya SEO, ketika hampir semua pengguna internet bergantung pada mesin telusur raksasa, Google.
Salah satu keuntungan paling jelas dari email marketing adalah biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan cara pemasaran utama. Tidak ada biaya cetak atau ongkos kirim dan tidak ada biaya yang dibayarkan seperti pada papan iklan, majalah atau saluran televisi tertentu.
4. Blog MarketingBlogosphere telah berkembang dengan perkembangan Internet dan merupakan bagian integral dari Web 2.0. Individu pribadi dapat, misalnya, menulis tentang hal-hal yang mereka sukai dan ingin berbagi dengan orang lain dengan bantuan berbagai sistem CMS gratis seperti WordPress. Tidak seperti situs berita arus utama atau versi online surat kabar, posting blog hampir selalu subjektif. Dan di situlah letak kekuatan mereka karena mereka menghasilkan popularitas tinggi dengan pembaca yang bisa mengenali dengan kontennya.
Dalam pengembangan blog lebih lanjut, beberapa blogger berhasil menguangkan blog mereka melalui iklan dari link afiliasi atau program seperti Google AdSense. Saat ini, blogger bisa hidup dari pendapatan mereka dari blog terutama di AS dimana blog sangat populer. Sistem “blog” telah menjadi model bisnis nyata bagi penggemar penulisan Internet.
Viral marketing merupakan teknik pemasaran yang memanfaatkan jaringan sosial, baik itu melalui dunia maya maupun offline yang bertujuan untuk bisa menyampaikan pesan dan iklan kepada konsumen di pasaran. Jika dapat didefinisikan secara simple, maka virtual marketing dapat dikatakan sebagai sebuah bentuk proses pemasaran yang dapat dilakukan secara online ataupun offline terkait produk/jasa yang Anda miliki kepada konsumen.
Metode pemasaran ini akan dilakukan pihak penyedia barang/jasa yang mana akan disampaikan melalui informasi entah itu website, video, koran, ebook, dan lainnya. Viral marketing juga masuk ke dalam bagian strategi pemasaran portofolio. Jika disederhanakan lagi, viral marketing dalam bentuk offline dapat berupa penyampaian informasi dari mulut ke mulut. Sedangkan jika melalui online dapat menggunakan media sosial yang saat ini sedang trend di masyarakat.
Reseller merupakan metode penjualan bisnis dengan cara melakukan promosi barang salah satu supplier. Reseller dapat dilakukan secara online atau offline (konvensional). Namun, untuk menjangkau lebih banyak calon klien, alangkah baiknya jika dilakukan secara online. Cara kerja metode bisnis reseller yaitu seorang reseller membeli sebuah barang kepada supplier (distributor), dan melakukan penjualan kembali atas barang tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Supplier akan menjual harga yang lebih murah dari harga pasaran. Sehingga reseller bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual kembali barang tersebut dengan harga pasaran.
Pemasaran jenis ini dijalankan dengan menggunakan sebuah sosial media dengan memanfatkan lalu lintasnya seperti memakai Facebook ataupun twitter dan juga media sosial lainnya. Sama halnya dengan SEO, promosi online dengan menggunakan social media ini dapat dilakukan dengan gratis. Tapi ini juga tidak semudah yang dibayangkan dari kebanyakan orang karena melibatkan banyak faktor, baik dari pengguna sosmed maupun dari sosmed nya sendiri.👍 Facebook
Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.
Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like. Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.
Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone) masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini.
Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya.
Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini. Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis Anda.
Path awalnya dikenal sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang bisa ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun ini tidak bisa dijadikan media promosi dan pemasaran online. Dailybeautyhouse merupakan salah satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan menggunakan Path. Bisa dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private dari Facebook dan Twitter namun bukan berarti media sosial satu ini tidak bisa memberikan Anda kesempatan memperluas jaringan dan pasar.
Media sosial satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media bisnis yang ampuh.
👍 Google+
Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi media promosi dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Anda jika Youtube ternyata merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah ramai digunakan sebagai media promosi online? Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan menyaring dan mengatur Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta mengatur acara.
Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha. Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada Youtube adalah mengupload video melalui akun pribadi lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan dipromosikan, judul video haruslah menarik dan mengandung banyak keywords yang banyak digunakan orang untuk memperbesar kemungkinan muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video terkait keywords keluar.
Pasar elektronik atau Marketplace adalah sebuah website yang menghubungkan seorang penjual dengan pembeli melalui internet. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Bisa dikatakan marketplace adalah deparment store online.
👉 Marketplace Murni
👍 Bangun Relasi yang Baik
Tidak hanya di dunia nyata saja tetapi di dunia maya pun untuk bisa menjadi seorang internet marketer yang sukses, perlu dibangun relasi bisnis yang baik dengan banyak orang. Cukup banyak media yang dapat dimanfaatkan untuk dapat membangun relasi yang baik, seperti media sosial (Facebook, Twitter, Instagram), Google Plus, LinkedIn, dan sebagainya.
Konsumen adalah raja, mereka juga berhak untuk mengetahui detail produk yang dipromosikan sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya.
👍 Buat Target yang Tinggi
Jangan mudah merasa puas atas suatu pencapaian yang telah didapatkan dari internet marketing. Jika pada suatu target terasa sudah tidak lagi menantang, maka ada baiknya untuk dapat membuat target baru yang lebih tinggi untuk pengembangan diri sendiri.
👍 Hargai Orang-Orang yang Pernah Bekerjasama
Membangun suatu relasi dengan orang-orang yang juga pernah bekerjasama juga merupakan sebuah poin yang penting untuk menjadi internet marketer sukses. Jika perlu, tampilkan semua testimoni para pelanggan yang sudah merasa puas bekerjasama dengan Anda atau perusahaan. Tak hanya pelanggan saja yang akan merasa dihargai, orang lain yang berniat melakukan kerjasama di masa depan pun akan lebih yakin membuat keputusan.
Ini adalah salah satu strategi pemasaran online yang sedang tren saat ini. Mobile Marketing bisa dikatakan sebagai strategi pemasaran yang menyasar pada konsumen yang menggunakan perangkat mobile seperti tablet, smartphone dll. Oleh sebab itu, para pelaku usaha mau tidak mau harus mendesain ulang tampilan website mereka sehingga ramah atau user friendly ketika website tersebut diakses melalui perangkat mobile. Fakta, berdasarkan survey atau penelitian, sekitar 30 sampai 40% konsumen memesan atau membeli produk secara online melalui ponsel atau smarphone.
Continuous Marketing
Untuk menjalankan strategi pemasaran online ini, Facebook serta Twitter adalah pilihan yang tepat termasuk juga Instagram. Continuous Marketing atau pemasaran berkelanjutan menekankan pada aktifitas promosi di jejaring media sosial. Akan menjadi lebih baik lagi jika para pelaku bisnis melakukan analisa data seperti mengerti demografi feedback pelanggan, termasuk opini mereka untuk tetap berinovasi dan menemukan konsep produk bisnis yang sesuai dengan apa yang pasar inginkan.
Ini adalah salah satu strategi pemasaran online yang powerful. Kenapa? Sebab disini, semua komponen sumber daya digital digunakan secara maksimal. Artinya, semua cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran melalui online dimanfaatkan sebaik-baiknya. Seperti contoh, membuat blog atau website, melakukan kampanye brand atau iklan, menggunakan media sosial dan yang lainnya untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Tentu dibutuhkan orang-orang yang mengetahui seluk beluk dunia digital termasuk juga dunia marketing.
Ada yang mengatakan bahwa gambar berbicara jauh lebih banyak dari pada text panjang lebar. Ada juga yang bilang 1 gambar mewakili 1000 kata. Itulah kekuatan visual marketing. Pemasaran ini mengedepankan bagaimana caranya untuk menciptakan objek visual yang bisa mewakili produk yang pelaku bisnis tawarkan kepada konsumen. Visual marketing tidak hanya di dunia nyata tetapi juga bisa di dunia maya seperti Instagram, Pinterest, bahkan YouTube. Tentu, dibutuhkan banyak pihak untuk bekerjasama untuk bisa menyediakan gambar visual yang sangat tajam dan mengundang konsumen.
Strategi pemasaran jenis ini lebih mengedepankan konsumen secara personal. Oleh sebab itu, disebut juga sebagai one to one marketing. Strategi marketing ini menganggap bahwa setiap konsumen itu unik. Oleh sebab itu, setiap konsumen diperlakukan secara berbeda. Untuk bisnis e-commerce, maka strategi marketing ini sangat tepat. Toko online dengan sistem e-commerce bisa menampilkan produk-produk yang disediakan bisa berbeda-beda tergantung dari masing-masing user dari mulai perbedaan lokasi, hobi, minat, umur, gender dan lain-lain. Dengan cara ini, pastinya konsumen akan lebih tertarget. Tapi, dibutuhkan software khusus agar sistem pemasaran ini berjalan sesuai rencana.
0 Response to "Media Promosi Pemasaran Online"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.